Membalikkan Skor

Unggul dua gol atas Chelsea tidak menjamin raihan tiga poin seperti yang dibuktikan pada laga Sabtu lalu yang berakhir dengan skor 3-2.

The Saints, yang terancam degradasi, sepertinya akan keluar sebagai pemenang laga itu, ketika mereka unggul dua gol di menit 69, tapi keunggulan mereka hilang hanya dalam sembilan menit berkat brace Olivier Giroud dan gol ke-88 Eden Hazard.

Comeback apik di St Mary’s Stadium itu mengingatkan kami akan beberapa laga serupa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir yaitu ketika the Blues bangkit dan menang setelah tertinggal dua gol lebih dulu.

Liverpool, Januari 1997

Manajer Southampton, Mark Hughes, tahu benar soal comeback-comeback Chelsea setelah ia sendiri yang mencetak gol kemenangan saat kami membalikkan skor di semifinal melawan Arsenal (League Cup) dan Vicenza (Cup Winners’ Cup) pada 1998. Namun, penampilannya yang paling menginspirasi saat berseragam biru datang setahun sebelumnya, di ajang FA Cup, ketika ia dimasukkan saat turun minum ketika Chelsea tertinggal 2-0 dari Liverpool di babak keempat. Sparky berhasil memperkecil ketertinggalan timnya hanya dalam waktu lima menit dan kemudian menciptakan peluang yang dikonversi oleh Gianfranco Zola. Akhirnya kami menang 4-2 dalam perjalanan mengangkat trofi tersebut untuk kali pertama dalam 27 tahun.

Charlton Athletic, Agustus 2002

Laga perdana Chelsea di musim 2002/03 dimulai dengan buruk ketika kami sudah tertinggal dua gol di menit ke-33 dalam laga derbi kontra Charlton Athletic, tim yang selalu mengalahkan kami diempat pertemuan di liga dalam dua musim sebelumnya. Zola membuat harapan kami bangkit dengan golnya dua menit sebelum turun minum. Saat si pemain Italia itu ditarik keluar dan digantikan oleh Carlton Cole di 16 menit terakhir, kami masih tertinggal. Akhirnya, si pemain muda itu berhasil menyamakan kedudukan lewat sebuah aksi individu di menit ke-84 dan akhirnya comeback digenapi oleh Frank Lampard dengan gol kemenangan semenit sebelum laga bubar.

Tottenham Hotspur, Maret 2007

Chelsea belum pernah kalah dari Tottenham di Stamford Bridge selama 17 tahun ketika kedua tim bertemu di perempat final FA Cup pada 2007, tapi penampilan buruk di babak pertama diganjar ketertinggalan 3-1 dari Spurs saat turun minum. Tim tamu membuang-buang peluang untuk membesar keunggulan mereka di babak kedua dan harus membayarnya ketika Lampard memperkecil ketertinggalan kami lewat gol keduanya di laga itu di menit ke-71 sebelum tendangan voli Salomon Kalou menjadikan kedudukan seimbang kala laga masih tersisa empat menit lagi. Chelsea berhasil menang 2-1 di laga ulang di White Hart Lane dan akhirnya berhasil mengangkat trofi FA Cup setelah mengalahkan Manchester United di final.

Napoli, Maret 2012

Tertinggal 3-1 dari Napoli di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Chelsea melakukan comeback luar biasa di Stamford Bridge. Tandukan Didier Drogba dan John Terry di masing-masing babak membuat kami unggul produktivitas gol tandang, tapi Gokhan Inler kembali membuat Napoli unggul lewat tendangan setengah voli sebelum konversi penalti Lampard 15 menit jelang bubar membuat laga harus diperpanjang melalui babak tambahan. Rupanya babak tersebut memberikan panggung bagi Branislav Ivanovic untuk melepas tembakan keras yang membuahkan gol kemenangan di menit ke-105. Dua bulan kemudian, the Blues meraih titel juara Liga Champions pertama dalam sejarah mereka.

Tottenham Hotspur, Mei 2016

Meski musim 2015/16 tidak berjalan dengan baik, kami masih menunjukkan kemampuan comeback dari ketertinggalan dua gol di tiga pertandingan. Gol-gol dari Ramires dan Willian di 11 menit terakhir sukses memaksakan hasil imbang 2-2 di Newcastle United pada September, sedangkan gol penyeimbang John Terry di menit ke-98 memberikan hasil seri 3-3 dengan Everton pada Januari. Namun, comeback terbaik datang pada Mei ketika gol Gary Cahill dan Eden Hazard di babak kedua memastikan hasil imbang 2-2 dengan Spurs, yang otomatis memberikan gelar juara Premier League kepada Leicester City, pesaing utama rival London kami itu.

Leicester City, September 2016

Chelsea sepertinya akan tersingkir dari League Cup usai brace Shinji Okazaki membuat the Foxes unggul dua gol di menit ke-34 dalam laga yang digelar di King Power Stadium. Namun, Cahill berhasil mengejar ketertinggalan dengan sebuah tandukan di penghujung babak pertama sebelum kemudian skor disamakan oleh tendangan voli Cesar Azpilicueta di babak kedua. Cesc Fabregas kemudian menyempurnakan comeback di babak tambahan, membuat kami unggul di menit 92 dengan memanfaatkan back-heel cerdik Hazard, dan melepas tendangan setengah voli dua menit kemudian untuk memastikan kemenangan 4-2.