Terry akan tinggalkan Chelsea

Hari ini John Terry dan Chelsea Football Club bersama-sama mengumumkan kepergian kapten kami pada akhir musim ini. 

Semua orang di Stamford Bridge mengekspresikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada John dan mendoakan yang terbaik untuk masa depanya. 

Selama lebih dua dekade, John telah memberikan dedikasi dan servis yang luar biasa. Selama itu, ia selalu memperlihatkan rasa bangganya yang besar ketika memakai kaus Chelsea, sesuatu yang telah ia lakukan selama 713 kali sejak debutnya pada 1998, dan telah mencetak 66 gol. Ia adalah pemain dengan penampilan terbanyak ketiga sepanjang masa dan telah mengapteni Chelsea sebanyak 578, yang merupakan rekor Chelsea. 

Meski jarang tampil di lapangan musim ini, ia tetap menjadi anggota yang penting dan inspirasional   dari skuat yang, di bawah arahan Antonio Conte, berhasil duduk di puncak Premier League. 

Di sepanjang kariernya, “JT” telah memberikan kontribusi yang luar biasa besar bagi kami dalam mencetak kesuksesan secara konsisten yang tiada bandingnya dalam sejarah klub. Ia sudah menjuarai Liga Champions, empat titel Premier League, Europa League, lima FA Cup dan tiga League Cup. Dengan 14 penghargaan mayor, ia menjadi pemain yang paling bergelimang prestasi dalam sejarah klub.

Terry berkata: “Setelah 22 tahun, ada sangat banyak untuk diucapkan dan terlalu banyak orang untuk diberi ucapan terima kasih di klub sepakbola yang hebat ini. Untuk para pelatih, rekan setim dan staf hingga para penggemar yang telah mendukungku selama ini, ucapan terima kasihku tak akan pernah cukup. Akan ada peluang bagiku untuk berbicara lebih lanjut soal ini dalam beberapa pekan ke depan.” 

“Aku akan memutuskan masa depanku pada waktunya, tapi untuk saat ini aku berkomitmen untuk membantu tim untuk meraih kesuksesan musim ini.” 

“Klub dan aku selalu punya hubungan yang fantastis, yang akan terus berlanjut setelah aku tidak bermain lagi. Kami punya banyak percakapan positif yang semuanya dilakukan dengan penuh pertimbangan dan kehati-hatian dan kuputuskan inilah saat yang tepat untuk pergi. Aku selalu sadar bahwa aku pergi di saat yang tepat, dengan cara yang tepat, dan kurasa akhir musim ini adalah waktu yang tepat bagiku dan klub. Aku masih tetap ingin bermain dan oleh karena itu akan mencari tantangan baru. Aku tentu akan selalu menjadi Blue dan sangat ingin mengakhiri musim terakhirku sebagai pemain Chelsea dengan trofi lagi.” 

“Akhir kata, kata-kata tak bisa mendeskripsikan rasa cintaku kepada klub sepakbola dan penggemar Chelsea yang luar biasa. Aku ingin berterima kasih dari lubuk hati yang terdalam kepada setiap dari Anda atas dukungan luar biasa yang Anda tunjukkan padaku selama bertahun-tahun. Anda sangat berarti bagiku dan setiap trofi yang kami menangi selama aku di klub kita menangi bersama-sama. Aku tidak akan melupakan perjalanan hebat yang kita lalui bersama. Terima kasih banyak atas segalanya.” 

Direktur Chelsea Marina Granovskaia berkata: “Kami semua di Chelsea ingin mengucapkan terima kasih kepada John atas semua yang telah ia lakukan bagi klub sepakbola ini. Ia adalah pemain yang luar biasa, kapten yang inspirasional dan selalu menunjukkan komitmen luar biasanya semaksimal mungkin.” 

“Selama itu, Chelsea telah tumbuh menjadi salah satu klub terbaik dunia dan adalah benar adanya jika kontribusi diakui. Ia akan selalu mendapat penghormatan setinggi-tingginya oleh semua orang di Stamford Bridge dan kami menantikan penyambutan kembali dirinya di kemudian hari.” 

Baik klub maupun John melihat kemungkinan kembalinya dirinya ke kami bukan dengan kapasitas sebagai pemain, di mana ia bisa berbagi pengalaman yang tiada duanya kepada para pemain, staf dan penggemar.

Kualitas luar biasa John sebagai seorang pesepakbola, terutama kemampuan bertahannya, layak mendapat pengakuan dan kekaguman luas. Ia adalah satu dari lima bek yang pernah meraih Pemain Terbaik Tahunan PFA dan terpilih masuk ke dalam Tim Terbaik Dunia Tahunan FIFA/FIFPro selama lima tahun berturut-turut. Ia menjadi bek tersubur klub dan Premier League dan telah mengoleksi 78 cap untuk timnas Inggris sebelum pensiun dari sepakbola internasional pada 2012. 

Kariernya yang panjang merupakan bukti bukan hanya atas kemampuannya namun juga profesionalisme dan dedikasinya. Ia berkali-kali kembali dari cedera lebih cepat dari perkiraan, bermain dengan menahan sakit namun tanpa mengorbankan performanya, dan berulang kali mengumpankan badannya di lini belakang maupun di tengah-tengah penyerang lawan, semuanya dilakukan demi Chelsea Football Club. 

Ia adalah, seperti yang terpampang pada spanduk yang terkenal itu, kapten, pemimpin, legenda kita, dan kami mendoakan yang terbaik bagi babak baru dari karier John Terry yang sangat indah.