Data Day: Chelsea vs Southampton

Mari kita lihat statistik dari kemenangan atas Southampton di semifinal FA Cup di Wembley…

The Blues melepas 17 tembakan ke arah gawang, delapan lebih banyak ketimbang Southampton, dan lima di antara percobaan kami berhasil menguji kiper lawan.

Kami memenangi penguasaan bola sebesar 56 persen di pertandingan tersebut.

Bintang malam itu, Eden Hazard layak terpilih sebagai man of the match mengingat pengaruh yang ia berikan. Adalah Hazard yang memberikan assist bagi gol pembuka yang dicetak oleh Olivier Giroud. Ia juga melakukan sembilan dribel sukses, empat lebih banyak dari Willian, yang ada di urutan kedua.

Hazard juga yang paling banyak melepaskan tembakan, lima kali, dan lima umpan kunci, terbanyak di antara pemain lain di lapangan. Sebanyak tiga pemain Southampton menerima kartu kuning – Oriol Romeu, Mario Lemina dan Wesley Hoedt – akibat melanggar si pemain Belgia.

Dari pemain-pemain kami yang menjadi starter, Cesc Fabregas punya tingkat rasio operan tertinggi, yaitu 90,1 persen.

Giroud sudah membantu terciptanya 22 gol (15 gol dan tujuh assist) dari 26 penampilannya di FA Cup, terbanyak di antara pemain lain sejak debutnya di kompetisi ini pada Januari 2013. Tiga dari empat gol pria Perancis itu disarangkan ke gawang the Saints.

Alvaro Morata sudah mencetak sembilan gol sundulan di semua kompetisi musim ini.

Tujuh dari assit Cesar Azpilicueta musim ini diselesaikan oleh Morata.

Willian, yang tampil sebagai starter di laga kemarin, jadi pemain pertama yang mencatatkan 50 penampilan untuk Chelsea musim ini.

The Blues berhasil maju ke final sebanyak 11 kali dari 14 semifinal dan hanya kalah pada 1996, 2006 dan 2013. Kekalahan pada 2013, dari Manchester City, adalah satu-satunya kekalahan kami di semifinal yang digelar di Wembley.

Pertemuan dengan Manchester United pada 19 Mei akan jadi pertemuan ketiga antar kedua tim, setelah sebelumnya berhadapan pada 1994 dan 2007.