Fankaty Dabo

Tanggal lahir: 11 Oktober 1995
Tempat lahir: London, Inggris
Posisi: Bek
Nomor kaus di tim utama: 39
Laga internasional: Inggris Under-20, Under-17, Under-16
Trofi yang dimenangi di Chelsea: FA Youth Cup 2013/14; Premier League Under-21 2013/14

 

Fankaty Dabo kelahiran Southwark ini bergabung dengan Chelsea setelah lulus percobaan di Under-12 dan tampil saat masih berstatus pelajar sebelum akhirnya menjadi pemain regular sebagai bek kanan. Ia membuat penampilan yang spektakuler di tim muda, melakukan debutnya di hari terakhir musim 2010/11 untuk Under-15 dan mencetak gol saat menang 2-1 atas Charlton.

Di musim 2011/12, Dabo menjadi pemain yang selalu bermain untuk Under-16 asuhan Joe Edwards, meski sempat beberapa kali bermain sebagai cadangan di sayap kanan sebelum akhirnya menjadi pemain regular di lini belakang. Ia mencetak gol di laga pembuka saat menang 6-1 dari Manchester City. Atas penampilannya yang solid, ia dimainkan sebanyak 12 kali oleh Dermot Drummy untuk tim Under-21.

Fankaty tidak dimainkan di final NextGen Series, meski terus bermain di babak sebelumnya, dan bermain di FA Youth Cup bagi pasukan Adi Viveash di final, namun sayang mereka kalah dari Norwich.

Di musim 2013/14, ia bermain di dua kelompok umur, ambil bagian di Under-21 yang menjuarai liga dan Youth Cup. Ia mencetak gol saat menang 4-0 atas Dartford di babak ketiga Youth Cup dan bermain sebanyak tujuh kali dari delapan laga di kompetisi itu, dan terkadang sebagai bek kiri. Tim Under-18 berhasil mengalahkan Fulham secara dramatis di final.

Sejak promosi dari tim muda, ia menjadi pemain regular bagi tim Under-21, tampil sebanyak 44 kali selama dua musim. Fankaty sudah pernah mewakili Inggris, yang terbaru di kelompok usia Under-20, namun ia juga menjadi bagian dari skuat Under-16 yang menjuarai Victory Shield pada 2010. Ia juga bisa bermain untuk Sierra Leone.

Fankaty, yang kontraknya berakhir pada musim panas 2018, pada paruh kedua musim 2016/17, per Januari, bergabung dengan Swindon Town. Debutnya di sepakbola senior berakhir dengan kemenangan di markas Bolton di League One dan ia terus dimainkan di posisinya dan berhasil mencetak gol pertamanya bagi Swindon ketika menghadapi rival berat mereka, Oxford, namun laga itu berakhir dengan kekalahan. Dabo mengakhiri masa peminjamannya di Swindon dengan catatan 15 kali tampil.

Pada 25 Juni 2017 diumumkan bahwa ia akan menghabiskan musim berikutnya bersama klub divisi utama Belanda, Vitesse dengan status pinjaman.